Blog Adat Tradisional

10 Contoh Tari Kelompok, Pengertian, dan Penjelasannya

Berdasarkan setting panggung dan jumlah penari nya, tarian dapat dikelompokan ke dalam 3 jenis, yaitu tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok. Nah, jika di artikel sebelumnya kita telah membahas pengertian dan contoh tari tunggal dan tari berpasangan, di kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan dan akan mengulas tentang pengertian dan contoh tari kelompok lengkap dengan asal daerahnya. Bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar hal ini, silakan simak pembahasan berikut!

Contoh Tari Kelompok

Apakah yang dimaksud dengan tari kelompok? Tari kelompok adalah jenis tarian yang dipentaskan secara berkelompok oleh beberapa penari secara bersama-sama. Dibanding jenis tari lainnya, tari kelompok termasuk jenis tarian yang memiliki banyak contoh. Contoh tari kelompok tersebut antara lain:

Contoh Tari Kelompok

1. Tari Saman asal Aceh

Tari saman merupakan salah satu tari tradisional yang sangat populer dikancah internasional. Tarian ini dipentaskan oleh para penari berjumlah ganjil secara berkelompok. Gerakan yang mendominasi adalah gerak tepuk tangan, tepuk dada, tepuk paha, dan tepuk lantai yang berpadu secara dinamis dan saling melengkapi. Asal usul tari saman diperkirakan berasal dari akulturasi budaya Melayu Aceh dan budaya Islam. Hingga kini tarian ini masih sering dipentaskan dalam berbagai even. Selengkapnya tentang tari tradisional ini, silakan simak pembahasannya di link berikut : Tari Saman.

2. Tari Piring asal Sumatera Barat

Selain tari saman, tari piring asal Sumatera Barat juga merupakan contoh tari kelompok. Tarian ini dipentaskan dengan properti utama yaitu sepasang piring yang dipegang para penarinya. Para penarinya sendiri berjumlah ganjil, sedikitnya 3 orang dan paling banyak 9 orang. Tari ini mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang petani dengan kegiatan bercocok tanam yang dilakukannya. Selengkapnya tentang tari tradisional ini, silakan simak pembahasannya di link berikut : Tari Piring.

3. Tari Kecak asal Bali

Siapa yang tak kenal dengan tari asal Bali yang satu ini. tari kecak adalah sebuah tarian yang sangat dikenal karena ciri khasnya yang dipentaskan oleh banyak orang sekaligus, yakni sekitar 50 sd 70 orang. Tarian yang mengangkat kisah tentang kisah cinta Sri Rama dan Dewi Sinta ini juga termasuk contoh tari kelompok. Selengkapnya tentang tarian tradisional ini, silakan simak pembahasannya di artikel berikut : Tari Kecak.

Contoh Tari Kelompok

4. Tari Gambyong asal Jawa Tengah

Tari gambyong adalah tari yang berasal dari budaya masyarakat Jawa kelas bawah. Tarian ini kemudian dikembangkan menjadi tarian klasik khas keraton karena ketertarikan raja Surakarta pada keindahan tarian ini. Gambyong sendiri juga merupakan contoh tari kelompok karena dalam pementasannya ia dimainkan oleh beberapa orang penari sekaligus. Selengkapnya tentang tari tradisional ini, silakan simak pembahasannya di artikel berikut : Tari Gambyong.

5. Tari Kipas Pakarena asal Sulawesi Selatan

Masyarakat Gowa-Sulawesi Selatan juga dikenal memiliki budaya yang telah maju sejak masa silam. hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah tarian etnik yang bernama tari kipas pakarena. Tarian ini juga merupakan contoh tari kelompok karena dipentaskan secara bersama-sama oleh beberapa orang penari. Properti utama yang digunakan dalam tarian ini adalah sepasang kipas yang digerakan secara mendayu-dayu mengikuti irama musik pengiringnya. Selengkapnya tentang tarian tradisional ini, silakan simak di pembahasan berikut : Tari Kipas Pakarena.

Selain kelima contoh di atas, masih terdapat banyak sekali contoh tari kelompok lainnya yang dapat kita temukan dalam budaya masyarakat asli Indonesia. Beberapa contoh lain tersebut yaitu tari kuda lumping, tari serimpi, dan tari bedaya.

Nah, demikianlah pembahasan tentang pengertian dan contoh tari kelompok beserta penjelasannya. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda tentang khasanah budaya Indonesia. Salam.
Memberikan G+ atau Like adalah cara terbaik Anda untuk mensuport kami!

0 Response to "10 Contoh Tari Kelompok, Pengertian, dan Penjelasannya"